Contoh Teks Wawancara Dengan Guru

Wawancara merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menggali lebih dalam tentang suatu informasi kepada narasumber yang akan kita wawancarai.
Dengan me-wawancarai seseorang maka informasi tentang suatu hal akan didapatkan dengan lebih detail sehingga informasi akan menjadi jelas dan tidak simpang siur.
Dalam melakukan wawancara tentunya harus adanya pewawancara dan juga narasumber yang akan kita wawancarai.
Kali ini Admin akan share tentang contoh wawancara dengan guru BK. Narasumber yang kami wawancarai adalah Ibu Suryati . Ibu Suryati lahir di Majalengka pada tanggal 1x Februari 2019. Beliau bekerja sebagai guru BK ( Bimbingan Konseling) di SMPN xx Purworejo. Beliau bekerja sebagai guru BK di  SMPN xx Purworejo sejak  tahun 2001. Untuk lebih jelasnya simak teks wawancara kami dengan beliau!

Contoh Wawancara Dengan Guru


Pe-Wawancara : Sejak kapan Ibu menjadi guru BK?
Narasumber : Saya menjadi guru BK di SMPN xx Purworejo sejak tahun 2001. Tetapi, dulu sebelum saya diangkat menjadi PNS saya pernah bekerja menjadi guru BP di SMPN Kadipaten sebagai GTT ( Guru Tidak Tetap) pada tahun 1989. Lalu sekitar tahun 1997 saya mendaftar menjadi PNS di Purworejo. Kebetulan saya langsung lolos menjadi PNS. Pada awalnya saya ditempatkan di SMPN  yy Purworejo . Saya mengajar di SMPN yy Purworejo sampai bulan Juli tahun 2001 karena saya pindah ke SMPN xxx Purworejo dan saya bekerja di SMPN xx Purworejo sampai sekarang.

Pe-Wawancara : Apa tugas-tugas yang harus Ibu lakukan sebagai guru BK?
Narasumber : Tugas saya sebagai guru BK harus membimbing siswa agar siswa bisa memahami dirinya, memahami lingkungannya , memahami potensi yang ada pada dirinya, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan siswa tersebut agar siswa tersebut mencapai perkembangan yang optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Pe-Wawancara : Dimana saja Ibu mengenyam bangku pendidikan?
Narasumber : Saya sekolah di SDN 6 Kadipaten, Majalengka tamat tahun 1976 dan saya menamatkan SMP di SMPN 10 Bandung. Setelah tamat SMP kemudian saya melanjutkan ke SPGN 1  Bandung dan setelah tamat dari SPG pada tahun 1983 saya melanjutkan kuliah di IKIP Bandung mengambil jurusan Psikologin Pendidikan dan Bimbingan dan lulus tahun 1988.

Pe-Wawancara : Mengapa Ibu memilih bekerja sebagai guru BK?
Narasumber : Saya menyukai pekerjaan sebagai guru BK karena untuk menjadi guru BK harus mempelajari psikologi. Saya suka mempelajari psikologi karena psikologi itu mempelajari perilaku dan karakter manusia/ individu, dimana manusia termasuk makhluk yang unik dan kami dituntut untuk memahami seteiap karakter manusia.
Contoh Wawancara Dengan Guru BK - Teks Wawancara Dengan Guru BK

Pe-Wawancara : Apa suka duka yang Ibu alami selama menjadi guru BK?
Narasumber : Banyak suka duka yang saya alami sebagai guru BK salah satu sukanya adalah kita bisa mempelajari berbagai karakter siswa dan ada perasaan bahagia apabila kita berhasil membantu siswa dalam mengatasi masalahnya. Kalau dukanya apabila kami dan pihak sekolah sudah berusaha untuk membantu siswa tapi siswa yang bersangkutan tidak mau dibantu bahkan memilih keluar atau drop out karena ada beberapa siswa yang berlatar belakang keluarga broken sehingga orang tua mereka kurang mendukung pendidikan anaknya.

Pe-Wawancara : Bagaimana cara Ibu mengatasi masalah-masalah yang timbul sebagai guru BK?
Narasumber : Apabila ada siswa yang bermasalah, contohnya membolos , kami tidak boleh memvonis bahwa siswa tersebut nakal. Kami mencari dulu latar belakang penyebab siswa tersebut bolos. Siswa yang membolos kami ajak bicara dari hati ke hati terlebih dahulu melalui proses konseling agar mau terbuka. Setelah diketahui latar belakang masalahnya, baru mencari solusi untuk mengatasi masalahnya. Biasanya siswa bisa mengambil keputusan terbaik bagi dirinya setelah diadakan konseling.

Pe-Wawancara : Siapa orang yang memotifasi Ibu sehingga Ibu sukses seperti sekarang?
Narasumber : Pada waktu sekolah di SPG saya tertarik dengan pelajaran BP (Bimbingan Penyuluhan) karena selain gurunya cantik beliau juga kalau menerangkan pelajaran juga sangat menarik. Guru BP tersebut banyak sekali membantu siswa dalam mengatasi masalahnya.
Kemudian orang tua saya juga mendukung saya untuk melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan PPB/BP dan saya juga ingin menjadi orang yang berguna untuk orang lain. Kebetulan dengan menjadi guru BK saya bisa membantu siswa dalam mengatasi masalahnya. Saya juga merasa terpanggil untuk bertanggung jawab terhadap perkembangan moral dan budi pekerti genersai muda.

Pe-Wawancara : Tahapan- tahapan apa saja yang telah Ibu lalui?
Narasumber : Sebelum menjadi guru BK dulu saya pernah bekerja di biro penelitian SRI (Survey Research Indonesia) milik David Spark orang Amerika. Saya bekerja sebagai interviewer. Tapi setelah bekerja  ± 2 tahun, saya merasa kurang cocok karena bekerja untuk orang asing dan saya ingin bekerja sesuai background pendidikan saya.

Sekian artikel kali ini tentang contoh teks wawancara dengan guru semoga dengan adanya contoh teks wawancara ini akan memberika gambaran bagaimana ketika kita mewawancarai seorang narasumber dengan baik sehingga akan banyak informasi yang akan kita dapatkan dari narasumber yang kita wawancarai. Jangan lupa baca juga tentang Tips Jitu Menghadapi Wawancara Kerja ingsyaallah bermamfaat juga.

Contoh Teks Wawancara Dengan Guru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin