Tips Jitu Menghadapi Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan saat-saat yang cukup menegangkan. Tidak sedikit para peserta wawancara mengalami stres yang cukup tinggi sihingga meraka merasa kedinginan di sekujur tubuhnya, berkeringat, merasa sakit di bagian perut atau merasa gugup. sehingga mempengaruhi pikiran meraka dan itu membuat mereka tidak percaya diri.

Wawancara kerja merupakan suatu tahap paling menentukan dalam suatu proses seleksi penerimaan karyawan baru, tahapan inilah yang menentukan siapa kita di mata perusahaan dan hasil diterima tidaknya kita dalam suatu perusahaan tersebut.
"wawancara hanya membutuhkan waktu tidak lebih satu jam, namun sangat menentukan "hasil" kita di perusahaan."
Tips Jitu Menghadapi Wawancara Kerja | Sumber edu

Tips Wawancara Kerja

Berpenampilan Diri

Dalam peroses wawancara pihak pewawancara akan menilai diri kita, mulai dari penampilan, sikap tubuh, gaya bicara, kemampuan dan ke ahlian yang kita miliki. untuk memberikan kesan yang postif kepada pihak pewawancara sebaiknya kita memperhatikan penampilan dan kebersihan agar kita terlihat terlihat terkesan, mulai dari pakaian,rambut,wajah,gigi,kuku,sepatu.

Tibalah Lebih Awal

Maksimal 30 menit sebelum jadwal wawancara kita harus sudah datang. karena hal ini sangat lah penting untuk beradaptasi dengan lengkungan/ruangan sekitar interviu. sehingga kita menjadi lebih tenang lebih siap dan percaya diri. hal ini akan mambuat kita terhindar dari stres.

Konsentrasi

 

Menyalami Pewawancara

Dengan menyalami pewawancara akan menunjukan sikap terbuka dan bersahabat. dan akan mengurangi rasa ketegangan kita, membuat kita bisa lebih tenang.

Cara Berbicara

Cara bicara kita dapat menunjukan kepribadian kita sehari-hari, maka dari itu biacaralah dengan kalimat yang simpel dan tegas. saat berbicara konsentrasikan pikiran kita pada setiap kalimat yang di ucapkan oleh pihak pewawancara. yang penting saat kita berbicara yaitu hindari berbicara dengan cara yang lambat, intonasi yang tidak jelas, gemetar, tidak pada sasaran dan ngelantur.

Bahasa Tubuh

Selama proses wawancara ada beberapa hal yang perlu di hindari, yaitu melipat tangan didepan dada, tangan yang menopang dagu, memainkan jari atau banda yang ada di sekitar kita, menguap, menggerakan kaki terus menerus, mengusap hidung atau bibir dengan jari, atau pun meremas-remas jari-jemari. karena gerakan itu menggambarkan diri kita mudah cemas, tidak percaya diri, dan mempunyai kontrol diri yang rendah.

Sekian artikel kali ini tentang Tips Jitu Menghadapi Wawancara Kerja semoga dengan tips wawancara ini kita bisa memasuki perusahaan yang kita inginkan. semoga kita menjadi orang-orang yang beruntung.

Tips Jitu Menghadapi Wawancara Kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin