Cara Mencegah Penyakit Stroke

Beberapa penderita penyakit stroke telah berusaha untuk mencari bagaimana cara mencegah stroke agar segera teratasi. Namun, hingga saat ini salah satu penyakit pembunuh setelah penyakit jantung ini tidak dapat disembuhkan secara mudah. Sebelum kita melanjutkan, sebaiknya kita mengerti dan memahami dulu apa dan seperti apa penyakit ini. Penyakit stroke merupakan penyakit yang menimbulkan serangan terhadap otak secara mendadak yang diakibatkan oleh adanya sumbatan atau pecahnya sistem pembuluh darah dalam otak dengan istilah lain penyakit stroke ini bisa dikatakan sebagai penyakit sistem pembuluh darah pada otak atau biasa disebut dengan cerebrovascular. Yang akan ditandai dengan adanya kematian pada jaringan otak.

Cara Mencegah Penyakit Stroke

Hal ini tentu disebabkan oleh timbulnya penumpukan, penyempitan, atau bahkan pecahnya pembuluh darah yang biasa memasok darah serta oksigen ke otak yang menjadi berkurang. Sehingga menimbulkan serangkaian masalah seperti reaksi biokimia yang dapat merusak atau bahkan mematikan sel sel saraf dalam otak. Penyebab penyakit stroke sebenarnya ada dua penyebab dalam penyakit stroke tersebut. Apa saja itu?

Faktor dari resiko medis Faktor dari resiko medis merupakan faktor yang menyebabkan penyakit stroke itu sendiri. Seperti penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, gangguan atau penyakit jantung, memiliki kolesterol, sakit diabetes, pengerasan pada pembuluh darah atau arteriosklerosis, atau bahkan adanya riwayat penyakit dalam faktor keturunan atau keluarga, serta diikuti sakit kepala sebelah. Menurut data yang telah dikumpulkan 80 persen dari pemicu penyakit stroke adalah penyakit hipertensi serta arteriosklerosis.

Faktor dari resiko perilaku Faktor dari tes resiko perilaku ini disebabkan oleh pola makan serta gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa di antaranya seperti mengonsumsi minuman minuman yang mengandung alkohol serta bersoda, sering merokok, sering sekali mengonsumsi makanan bersifat cepat saji atau biasa disebut dengan fast food dan junk food.

Lalu bagaimanakah cara mencegah stroke ini? Cara mencegah stroke ini berfungsi agar seseorang dapat waspada pada penyakit yang berbahaya ini. Karena hal tersebut bisa ditimbulkan dengan adanya kebiasaan-kebiasaan yang kurang benar dalam pribadi masing-masing. Oleh karena itu untuk anda supaya tetap waspada, kami berikan beberapa cara mencegah stroke cara alami dibawah ini.

Hindarilah bahkan hentikan merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang dapat mengakibatkan penyakit aterosklerosis atau pengerasan terhadap sistem pembuluh darah. Apabila dibiarkan begitu saja akan membuat darah dalam tubuh menjadi mudah menggumpal.

Cara Mencegah Penyakit Stroke
Selalu memeriksa tensi darah secara rutin

Ternyata tekanan darah yang cukup tinggi dapat memicu pembuluh darah dalam tubuh mengalami tekanan yang cukup kuat. Walaupun hal tersebut tidak menunjukkan gejala namun baiknya anda perlu mengecek tensi darah secara rutin.

Kendalikan rasa stres atau depresi

Easa stress serta depresi ternyata dapat mengganggu serta menimbulkan korban secara fisik. Ketika seseorang mengalami stress pada kondisi yang cukup kuat dan dia tidak segera mengatasinya, 2 hal tersebut akan mampu menimbulkan masalah dalam jangka panjang.

Mengonsumsi makanan - makanan yang sehat

Cara mencegah stroke yang paling ampuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Hal ini mungkin sudah pernah anda dengar ribuan kali hingga bosan. Namun hal ini bertujuan untuk anda supaya anda disiplin dalam konsumsi makanan - makanan yang sehat, seperti mengonsumsi buah serta sayuran setiap harinya, menghindari konsumsi daging merah secara berlebihan dikarenakan lemak jenuh yang terkandung di dalamnya dapat membuat pembuluh darah anda mengeras. Oleh karena itu disarankan anda untuk mengonsumsi makanan berserat. Serta kendalikan lemak dalam tubuh anda.

Kita sudah mengetahui apa penyebab penyakit stroke dan cara untuk mencegah penyakit stroke itu sendiri, semoga dengan artikel ini kita bisa lebih menjaga kesehatan kita baca juga cara mengatasi penyakit jantung.

Cara Mencegah Penyakit Stroke Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin